Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pemerintah berupaya keras, petani hendaknya sama kerasnya

Genjotan pemerintah tidak hanya dalam bidang infrastruktur, tapi juga dalam bidang pertanian. Contohnya di Purwakarta, Petani Manggis sudah mampu ekspor, dengan kerja keras semua pihak tahun 2019 ini menjadi tahun bersejarah. Pertamakalinya petani manggis bisa lakukan ekspor, diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta.
Seorang petani manggis bersiap dalam perlombaan di Festival Manggis 2019, Purwakarta. Manggis menjadi komoditas primadona ekspor. 

Bisa dicek PurwakartaOnline.com, bagaimana usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas komoditas yang dihasilkan petani artikel terkait petani purwakarta ekspor manggis. Mulai dari edukasi tentang ekspor, pemahaman kualitas, sertifikasi kebun dan lainnya.

Peran tersebut terus ditingkatkan hingga di-kerjasama-kan dengan perusahaan eksportir besar, balai karantina di-turungunung-kan kepada kelompok-kelompok tani. Agar petani faham tentang bagaimana proses karantina dalam tahapan ekspor.

Pemerintah sedang sangat jor-joran, membangun Indonesia, termasuk Pertaniannya. Tentu tidak akan menjadi perubahan apa pun jika kita, selaku petaninya sendiri tidak melakukan upaya yang sama kerasnya dengan pemerintah. Kuncinya tentu ada di petaninya itu sendiri.